Beranda > Umum > Delapan Langkah Hidup yang Bermutu

Delapan Langkah Hidup yang Bermutu


KESEHATAN teramat mahal untuk diabaikan. Namun beberapa orang berusia muda cenderung mengabaikan arti penting kesehatan. Mereka acap memeragakan pola dan gaya hidup yang berisiko buruk bagi kesehatan. Kebiasaan makan dan minum, merokok, begadang, dan sebagainya. Dampaknya mungkin belum terasa kini, meski secara perlahan berbagai penyakit mulai bersarang di tubuhnya, tapi bagaimana kelak?

Kaum pria biasanya rentan dengan gaya hidup demikian. Tekanan dan beban kerja bisa membuat mereka harus begadang atau menyegarkan pikiran di klub-klub malam. Olah raga? Tak ada waktu setelah semalam didera kerja yang melelahkan. Lantas?

Ada pameo, “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Dan bentuk pencegahan itu bisa dilakukan dengan membiasakan hidup sehat. Tak usah dengan upaya yang menghabiskan banyak anggaran. Berikut beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk hidup sehat.

Pertama, biasakan minum air putih atau mineral. Kebiasaan minum banyak akan menjaga fungsi ginjal dan saluran kemih, dan juga menyegarkan kulit. Harus diakui air putih lebih baik dari kopi, teh kental, soft drink dan minuman beralkohol. Kebiasaan minum sari buah dan sayuran juga bisa meningkatkan kesehatan.

Kedua, hirup udara bersih dan segar Sehingga, kemungkinan terkena gangguan pernapasan seperti bronkitis, penyakit asma dan batuk kronis, bisa dihindari. Tentu saja Anda mesti menghindari udara yang tercemar, seperti asap rokok, asap industri atau asap kendaraan. Udara bersih dan segar bisa Anda dapatkan dengan lingkungan dan kamar yang bersih. AC dan kipas angin misalnya, sebaiknya Anda bersihkan secara teratur.

Ketiga, konsumsilah menu bergizi yang baik dan seimbang. Usahakan memilih buah yang bisa dimakan kulitnya, seperti apel dan jambu. Suplemen gizi juga bisa Anda santap. Banyak penelitian menunjukkan pentingnya antioksidan, seperti beta-karoten, vitamin C, vitamin E, dan selenium, untuk meningkatkan vitalitas dan memperpanjang usia harapan hidup.

Keempat, lakukan secara seimbang antara aktivitas kerja, olahraga dan istirahat Anda. Jangan bekerja keras tanpa istirahat. Biasakan tidur teratur 7-8 jam pada malam hari, dan jangan sering bergadang atau tidur kemalaman. Tidur sejenak pada siang hari (sekitar 30 menit) dapat memberikan kesegaran. Gunakan waktu senggang untuk berolahraga. Berenang, joging, berjalan cepat, bersepeda atau senam. Lakukan aktivitas itu perlahan-lahan hingga berkeringat, tetapi tidak tersengal-sengal. Aktivitas olah raga itu cukup untuk menyegarkan tubuh plus meningkatkan stamina.

Kelima, hindari tindakan berisiko tinggi. Jangan mengorbankan hidup dengan menuruti kesenangan diri lewat kebiasaan berisiko. Misalnya, minum minuman keras, merokok, menggunakan obat bius atau narkoba dan berganti-ganti pasangan (seks bebas)..

Keenam, relaksasi juga merupakan aktivitas penting. Anda bisa melakukan dengan meditasi, yoga, dan senam pernapasan. Atau melakukan lintas alam; mendaki gunung, berjalan di hutan atau berenang di laut

Ketujuh, jangan tinggalkan hobi Anda. Apakah itu berkebun, mendengarkan musik atau main catur. Ini berhubungan dengan keseimbangan kerja otak untuk menghindari kepikunan.

Kedelapan, berserah dirilah kepada Tuhan. (CN03)

Kategori:Umum
  1. Rezza
    01/11/2010 pukul 4:49 pm

    baguuus … mantab gan

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: