Beranda > Umum > Banyak Jalan Menuju Roma alias Berhenti Merokok

Banyak Jalan Menuju Roma alias Berhenti Merokok


BAHAYA rokok selalu didengung-dengungkan. Dan kebanyakan lelaki tahu betul bahayanya rokok bagi kesehatan. Namun toh mereka tetap bergeming, dan hanya menganggapnya sebagai angin lalu. Meski demikian, orang pun tak bosan-bosannya mengingatkan kembali bahaya rokok.

Asap rokok mengandung tiga bahan kimia utama, yaitu tar, nikotin, dan karbon monoksida. Tar merupakan campuran berbagai hidrokarbon, sedangkan nikotin dapat menimbulkan ketagihan. Karbon monoksida menurunkan jumlah oksigen yang dapat diangkut oleh sel darah merah ke seluruh tubuh. Zat-zat inilah yang terutama menimbulkan penyakit, di antaranya bronkitis kronik, kanker paru, penyakit jantung, yang semuanya mengarah ke satu kata: kematian.

Kalau ancamrokokan berbau kematian itu belum cukup untuk ”menyadarkan” Anda, dampak rokok yang bisa merusak penampilan mungkin bisa membuat Anda peduli. Apa saja? Antara lain, menyebabkan gigi bernoda dan menebarkan bau mulut yang tak sedap. Bayangkan bila suatu saat Anda hendak berciuman dengan pasangan Anda? Belum bau asap rokok yang bertebaran ke mana-mana, dan membuat perempuan menjadi tidak simpati. Atau dalam kondisi tertentu, rokok juga bisa menyebabkan bagian tubuh Anda bergemetaran akibat oksigen dalam darah Anda digantikan oleh beberapa komponen asap rokok, sehingga sel-sel tubuh Anda kekurangan oksigen. Pasti Anda dianggap pria yang tidak percaya diri, penakut.

Nah, kalau ada kemauan Anda untuk berhenti merokok, lakukan langkah berikut ini:

Pertama, berhenti merokok memang harus dimulai dari keinginan kedisiplinan Anda. Doktrinkan dalam otak Anda bahwa Anda bukanlah perokok. Jadikan itu sebagai bagian dari identitas diri. Kemudian Anda harus menghindari orang yang merokok. Atau kalau tidak, Anda bisa bekerjasama dengan sesama perokok yang sama-sama ingin berhenti. Setelah itu, baru Anda memilih cara atau metode untuk menghentikan kebiasaan merugikan tersebut.

Kedua, berhenti merokok tidak cukup hanya mengurangi jumlah rokok yang diisap. Bulan pertama berhenti merokok merupakan masa sulit. Karena Anda akan mengalami gejala-gejala akibat kecanduan nikotin, seperti rasa gelisah atau nafsu makan bertambah. Untuk itu Anda bisa mengunyah permen tanpa gula atau memakan sayur-sayuran dan buah-buahan serta banyak minum air. Biasanya kalau Anda tabah, setelah delapan minggu gejala tersebut akan hilang.

Ketiga, godaan untuk merokok memang bisa datang dari mana saja, seperti iklan rokok. Sekarang di beberapa kota besar telah tersedia klinik henti rokok. Ada baiknya Anda mendatangi dan berkonsultasi di klinik henti rokok ini. Atau menyewa jasa seorang dokter untuk memonitor Anda.

Keempat, seringkali Anda sudah berhenti, tapi karena sesuatu hal kembali lagi merokok. Karena itu butuh pengobatan alternatif. Bisa dengan massage atau pijatan di sekitar wajah, kepala dan leher. Alternatif lain, yang peminatnya cukup banyak, adalah dengan akupunktur.

Kategori:Umum
  1. Ayam Cinta
    01/08/2009 pukul 4:47 am

    untung gw ga mrokok…🙂

  2. rivanroyono
    02/08/2009 pukul 8:34 am

    Kakek gw meninggal karena rokok…waktu dia menjelang ajalnya, dia sempet dirawat di rumah sakit seminggu. Gw musti ngelihat perawat2 nyedot lendir sampe berbotol-botol tiap hari dari paru-paru kakek gw. Sedih banget gw ngelihatnya…he was in so much pain.

    Sekarang gw musti ngelihat bokap gw jadi korban rokok. Suka sesak nafas, sakit di dada….dan dia akhirnya berhenti ngerokok bukan karena insyaf, tapi karena emang sekarang tiap kali nyoba ngerokok dia ga bisa nafas sama sekali.

    Dan kalo dipikir2, kalo semua uang yg dipake buat rokok bokap gw ditabung atau diinvestasikan, udah tajir kali bonyok gw.

    • 02/08/2009 pukul 10:49 am

      wah..ngeri tu bro.. merokok bkn cma ngrugiin dri sndri tp org lain..
      btul jg tu..mgkn tips utk tajir slh satunya tidak merokok…😀

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: