Beranda > Teknologi > Apa sih SEO…. ???

Apa sih SEO…. ???


Ketika kita mempunyai website atau blog, tentu hal diinginkan supaya website kita dibaca dan banyak pengunjungnya. Pintu utama untuk masuk ke dalam WWW adalah Search Engine. Semua publikasi di WWW menginginkan pengunjung sebanyak-banyaknya, sehingga bisa menjadi website pertama yang ditemukan pengunjung yang masuk melaui search engine. Bukan hanya kebanggaan yang didapat apabila menjadi website teratas dalam pencarian di search engine melainkan dapat meningkat citra dan menarik perhatian pengunjung. Semuanya itu dapat dilakukan dengan SEO (Search Engine Optimization).
Gimana cara kerja SEO ?
Search engine mencari informasi di WWW berdasarkan kata kunci atau frase tertentu, kemudian search engine membuat index dari hasil yang ditemukan itu dan dimana menemukannya. Index-index tsb dikumpulkan dalam database, agar memudahkan search engine menampilkan hasil pencarian yang dilakukan oleh pengguna. Target SEO adalah meningkatkan volume traffic dan peringkat sebuah website dalam Search Engine Result Page (SERPS), dengan mengondisikan website agar mudah ditemukan oleh search engine.

Cara lain yang dilakukan SEO untuk menaikkan peringkat dan traffic sebuah website adalah melalui peningkatan popularitas link, yang diukur dari jumlah total link dari website lain yang mengarah pada satu website tertentu. Cara ini sangat vital untuk menentukan posisi puncak sebuah website dalam SERPS karena hampir semua search engine menjadikan faktor popularitas link sebagai acuan dalam menentukan peringkat. Ada lagi teknik lain dengan menggunakan meta tag, yaitu elemen metadata HTML atau xHTML. Search engine sampai saat ini hanya mengenali teks, penempatan kata kunci yang relevan dan tepat dari sebuah website. Hal ini memudahkan search engine menemukannya.

White Hat : pelaku yang menggunakan teknik SEO sesuai dengan ketentuan dari masing-masing search engine, tidak melakukan kecurangan. Contohnya, white hat SEO memastikan bahwa konten yang masuk ke dalam index search engine sama dengan konten yang dilihat oleh pengunjung halaman web.

Lain lagi dengan Black Hat : pelaku berusaha menaikkan peringkat yang bertentangan dengan ketentuan search engine. Contohnya, menyembunyikan teks dengan cara membuat warna teks serupa dengan background, menyimpan teks di dalam div invisible kode HTML (memposisikannya diluar layar). Metode lain yang digunakan adalah memberikan halaman yang berbeda antara yang diminta oleh search engine dengan yang ditampilkan ke pengunjung. Metode ini dikenal dengan nama cloaking.

Tentu ada hukuman dari search engine bagi website-website yang menggunakan black hat SEO yaitu menurunkan peringkat atau mengeluarkannya dari database. Hukuman ini secara otomatis dapat dijatuhkan kepada website-website tsb.

Kategori:Teknologi
  1. cantigi
    31/07/2009 pukul 4:35 am

    mau ke bdg? boleh. ntar kalo mau ksh no hp, jd pas ke bdg tinggal sms aja, kalo sy ga sibuk kita pasti ketemuan.
    bdg musim apa ya?
    buah2an banyak, FO banyak, yg maen layangan di mana2, angin aga kenceng, dingin jg.. hehehe…

  2. 31/07/2009 pukul 9:06 am

    wuih.. SEO yah… duuh infonya keren mas…. sy betul2 ga faham soal SEO…. blog sy pun pernah disuspend yg katanya sih. dianggap ikutan kontes SEO, padahal sy br tahu apa itu SEO dr blog ini…. terima kasiiih.. yaaaaaa….

  3. Ayam Cinta
    31/07/2009 pukul 11:24 am

    Wah ada White Hat ma Black Hat, gw Oblique Hat aja dech. Whehehe

  4. 05/08/2009 pukul 2:51 pm

    thanks mas..wah keren heq..ngomong2 tukeran link boleh g yaw..ni link mas.. dah ku pasang

  5. 06/08/2009 pukul 11:10 am

    makasih linknya prend..hehe sukses teruss…😎

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: