Beranda > Teknologi > Worm Koobface

Worm Koobface


Worm?? Tentu pengguna komputer sering mendengar atau melihat kata ini. Worm hampir serupa dengan virus tetapi tidak sama. Hal ini disebabkan karena dia tidak mereplikasi dirinya sendiri. Worm dapat dikatakan lebih berbahaya daripada virus, penyebarannya sangat cepat boleh dikatakan program yang sangat jahat karena dapat dengan cepat menginfeksi bagian-bagian jaringan.

Yang saya ketahui antara lain ada worm kido dan worm koobface. Worm kido ini sempat membuat resah karena beberapa bulan lalu sangat berkembang. Tetapi saat ini worm tersebut sedikit demi sedikit dapat diatasi. Lain lagi dengan worm koobface, worm yang satu ini sedang berkembang dan penyebaraannya sangat cepat. Sebenarnya worm ini sudah ada sebelumnya mencapai  ±320 varian. Sekarang telah berkembang lagi. Perlu diketahui dari beberapa sumber, worm ini terdapat pada situs jejaring sosial yaitu Facebook dan Myspace.

Situs yang sangat digemari itu akan menjadi bencana bagi kita jika tidak hati-hati menggunakannya. Cara penyebaran worm ini lewat Facebook dengan mengirimkan atau menshare video. Seperti mengupdate status ataupun menulis wall tentu kita bisa menambahkan link video yang bisa dilihat oleh teman lain. Langkah ini adalah awal dari usaha menyebarkan worm koobface. Jika kita mengklik link tersebut maka akan dibawa ke situs lain,yg bisa dikatakan situs jahat. Dari situs itu user akan diminta untuk mendownload sebuah aplikasi flash player agar bisa melihat video tersebut, jika kita mendownloadnya dan menginstalasi, secara cepat Komputer akan terinfeksi, karena yang kita download bukanlah flash player melainkan sebuah program jahat. Apabila sudah terinfeksi komputer kita akan menjadi botnet (komputer budak). Worm ini telah berhasil menginfeksi komputer sehingga dapat dikendalikan oleh pihak lain. User account facebook yang kita punya otomatis dapat menyebarkan worm koobface, menyerang atau mencari korban lainnya dari teman2 kita.

Nah itu saja yang saya ketahui tentang worm koobface.

Kategori:Teknologi
  1. 20/07/2009 pukul 6:55 am

    Makasih, udah dipasang tuh. Komen juga posting2q yah?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: