Beranda > Umum > Mengenal Karakter dari Urutan Kelahiran

Mengenal Karakter dari Urutan Kelahiran


ANAK PERTAMA/ANAK SULUNG

menurut psikologi, anak pertama cenderung mengambil posisi sebagai pemimpin di dalam keluarga. Sangat bertanggung jawab , penuh perhatian dan cenderung mengikuti aturan dari orang tuanya dan dari masyarakat. Kelebihan lainnya, anak sulung pun jago mengatur emosinya. Dalam situasi sulit yang bikin panic, .dia bisa tetap keliatan tenang. Kekurangannya cenderung “gila hormat”, gengsinya gede banget kalau dia salah. Anak pertama cenderung selalu pengen dimengerti oleh orang-orang terdekatnya.

ANAK KEDUA

Sifat kepimpinannya juga sangat besar, walau tidak seperti anak pertama. Rasa tanggung jawab terhadap keluarga patut diancungi jempol. Kalau anak pertama diibaratkan seperti presiden maka anak kedua itu sebagai wakilnya. Hanya aja perbedaan yang mencolok di antara mereka adalah : anak kedua biasanya masih agak berani melawan aturan, meski enggak sering. Sifat kepemimpinan anak ini biasa baru keliatan jika kakaknya udah hampir hands up ketika menghadapi suatu masalah.

ANAK KETIGA/ANAK TENGAH

Karakternya umumnya sangat berlawanan dengan saudara- saudara kandung yang lain. Walau banyak anak ketiga yang dari luar keliatannya merupakan pribadi yang terbuka tapi sebenarnya dia cenderung tertutup. Dalam banyak hal, terutama buat urusan pribadi, enggak mau cerita apalagi minta tolong sama keluarga. Kenapa demikian??? Karena posisi yang “kejepit” di dalam keluarga, anak tengah suka merasa tidak diperdulikan sama keluarganya. Situasi ini justru membuat anak ketiga punya kelebihan juga, lebih bisa membina hubungan yang solid dengan orang-orang diluar keluarga intinya, serta lebih mudah membaca dan memahami isi pikiran orang lain.

ANAK KEEMPAT

Biasanya yang paling cuek. Maksudnya, rasa tanggung jawab dan perhatian terhadap anggota keluarga yang lain rada minus. Kalau ada masalah keluarga, anak ini sering kali memilih untuk tidak terlibat. Tapi, begitu dia berada dalam posisi terpojok, dia gak bisa terima kalau ada anggota keluarga yang menunjukkan tanda-tanda gak care padanya. Dan dia serta merta akan merasa dikucilkan. Sisi baiknya anak ini selalu berusaha keras untuk bisa mendapatkan pengakuan dari siapa saja. Kalau sudah begini halangan apapun gak akan gentar dia hadapi.

ANAK KELIMA/ANAK BUNGSU

Cenderung jadi sosok yang ramah dan menyenangkan. Pintar bergaul, populer dan gampang bikin orang kesengsem. Mengapa bisa begitu karena umumnya sangat easy going. Enggak mau ribet mikirin apa-apa dan enggak terlalu peduli dengan berbagai masalah yang datang. Egonya sangat tinggi, sering kali di manja. Dia juga suka memberontak, itu dia lakukan gak lebih untuk memperoleh otoritasnya karena dia sebenarnya enggak suka didominasi. Anak bungsu mempunyai tanggung jawab dan perhatian yang besar terhadap keluarga. Meskipun keliatannya suka gak mau ambil pusing, anak ini sangat loyal terhadap keluarganya. Jika ada keluarga yang tertekan anak bungsu akan keluar dan menjadi tameng untuk keluarganya.

ANAK TUNGGAL

Karakter anak tunggal nyaris sama dengan karakter anak pertama/anak sulung. Sangat bertanggung jawab dan sangat perhatian hingga sangat bisa diandalkan. Anak tunggal cenderung lumayan jauh dari ‘penyakit’ bimbang, sehingga urusan mengambil keputusan bukan perkara sulit bagi dia. Kekurangan anak ini apalagi kalau bukan egonya yang berlipat-lipat ganda. Sangat menuntut perhatian dari orang-orang sekitarnya dan selalu pengen diutamakan dalam segala hal.

ANAK KEMBAR

Bisa seperti anak sulung atau bungsu, tergantung pada peran yang didapatnya: sebagai kakak atau sebagai adek. Anak kembar yang lahir lebih dahulu dalam proses kelahiran normal biasanya dianggap sebagai kakak, sementara yang lahir belakangan dianggap sebagai adek. Padahal , berdasarkan pada beberapa penelitian terhadap anak-anak kembar, posisi sulung atau bungsu pada anak kembar gak selalu tetap. Banyak penelitian psikologi yang menemukan fakta bahwa ketika umur anak kembar sudah sekitar 11 atau 12 tahun, peran mereka bisa bertukar satu sama lain. Jadi, yang lahir lebih dahulu akan memposisikan diri sebagai adek, dan sebaliknya  yang belakangan malah seolah kakaknya. Ikatan batin diantaranya sangat tinggi. Cinta, kasih sayang, perhatian dan tanggung jawab mereka pada kembarannya jauh lebih besar dibandingkan pada anggota keluarga lainnya.

About these ads
Kategori:Umum
  1. 28/09/2009 pukul 11:48 pm

    hai, senang bertemu Anda melalui blog ini sy Agus Suhanto, tulisan yg oke :)
    lam kenal yee

  2. 02/10/2009 pukul 4:13 am

    Hai, salam kenal, artikel anda ada di

    http://psikologi.infogue.com/mengenal_karakter_dari_urutan_kelahiran

    ayo gabung bersama kami dan promosikan artikel anda ke semua pembaca. Terimakasih ^_^

  3. mikala
    11/10/2009 pukul 7:03 am

    ok banget artikelnya…. tk

  4. 01/11/2009 pukul 3:26 am

    apa kabar bos
    thanks ya infonya

  5. Maey Moon
    04/11/2009 pukul 1:18 am

    hihi. . yang ketiga kok saya bangeet yha? sip2 thx. . .

  6. 05/12/2009 pukul 1:17 pm

    wah bener banged ya….
    aQ ank pertama
    hahhahaa

    salam kenal masnya

  7. 29/12/2009 pukul 4:51 pm

    apa kabar bos
    tahanks infonya

    • 30/12/2009 pukul 3:41 am

      baik saja…
      tx..dah berkunjung..

  8. 25/01/2010 pukul 8:10 am

    gue anak pertama… hmm hampir bener sih, hehehe kok bisa ya :-)

  9. 29/04/2010 pukul 3:08 pm

    beneran tuh bro…kok beda ya????/

  10. 22/09/2010 pukul 11:17 am

    Wah karakter anak bungsu keknya bener bangets ituh, “Pintar bergaul, populer dan gampang bikin orang kesengsem”…. hihihi.. Makasiiiiihhhhhhhh….

  11. 25/11/2011 pukul 2:33 pm

    aq jdi ragu…apa aku bner2 anak kedua…
    just kidding^^

  12. donna
    05/07/2012 pukul 3:08 am

    bgaimana dengan sifat anak ke 7

  13. eno
    18/08/2012 pukul 8:28 am

    aku anak kelima tapi 7 bersawdara gimana it bro

  14. 27/08/2012 pukul 9:14 am

    thank’s infonya

  15. 14/10/2012 pukul 5:58 am

    I was pretty pleased to find this page. I wanted to thank you for ones time due to this fantastic read!

    ! I definitely really liked every part of it and I
    have you book-marked to see new information in your web site.

    Meghan

  16. 30/10/2012 pukul 7:58 am

    adik bungsu q suka bikin org naik darah,nyebelin,tp periang.. buandel’a bngt

  17. 09/05/2014 pukul 2:57 am

    aq anak ketiga lho…hampir mirip dengan kepribadianq

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: